GAMBARAN UMUM

GAMBARAN UMUM

DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN PERLINDUNGAN ANAK PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA

KOTA METRO

 

Dinas  Pemberdayaan perempuan Perlindungan Penduduk dan Keluarga berencana Kota Metro beralamatkan di Jalan Soekarno hatta No 17 (16C)  Mulyojati Kota Metro.

Sampai dengan tahun 2018 sudah terjadi beberapa kali perubahan nama Dinas Pemberdayaan perempuan Perlindungan Penduduk dan Keluarga berencana Kota Metro, adapun Pejabat yang pernah menduduki jabatan Kepala Dinas sampai dengan tahun 2018 yaitu sebagai berikut :

No

Nama Nama Kantor

 

1. Suwanto BKKBN
2. Sukirno BKKBN
3 Evi Rofiyanti,SH BKCS-KB
4 Drs I Wayan Subagyo BKCS-KB
5 Drs Atin Suyati BKKB-PP
7 Drs Waluyo BKKB-PP
8 Drg Erla Andriyanti.MARS BKKB-PP
9 Juni Kuswati.SH PPPAPP & KB

 

Dinas Pemberdayaan perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga berencana Kota Metro terbentuk berdasarkan Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 24 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat Daerah Kota Metro. Dinas PPPAPP & KB menyelenggarakan urusan pemerintahan dibidang Kesejahteraan keluarga, Pemberdayaan perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian penduduk dan keluarga berencana di Kota Metro. Dinas PPPAPP & KB melaksanakan tugas untuk melaksanakan urusan wajib pemerintah pusat  yang harus dilaksanakan di daerah dari 1 Kementerian dan 1 Badan di tingkat Pusat yaitu dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional.

Urusan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak merupakan isu strategis dan penting dalam mengusahakan kesetaraan gender, perlindungan dari kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta menggali potensi dan Kreativitas perempuan Indonesia khususnya perempuan di Kota Metro dalam upaya mensejahteraan keluarga.

Anak-anak sebagai pihak yang lemah membutuhkan perlindungan terhadap eksploitasi oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, perlindungan anak meliputi pemberian hak-hak untuk memperoleh pendidikan, pelayanan kesehatan yang baik, perlindungan terhadap kekerasan seksual, eksploitasi sebagai tenaga kerja dan sebagainya. Dengan adanya perlindungan anak diharapkan generasi muda Kota Metro tumbuh, berkembang dan berprestasi dengan baik dimasa mendatang. Sehubungan dengan hal tersebut pada saat ini Dinas PPPAPP & KB sedang berupaya untuk dapat memberikan perlindungan anak dan memberikan Fasilitas yang ramah terhadap anak di semua sarana baik di Sekolah, di sarana Umum, dan semua tempat dimana anak-anak dapat berinteraksi dengan baik dengan lingkungan yang aman dan nyaman untuk anak-anak  di Kota Metro dan kedepan diharapkan  mendapatkan predikat Kota Layak Anak.

Perempuan sebagai ibu generasi penerus bangsa, mempunyai peran yang sangat penting dalam pembinaan keluarga, lingkungan, masyarakat, bangsa dan Negara. Oleh karena itu,keluarga berencana yang bertujuan untuk membentuk keluarga kecil bahagia sejahtera merupakan program yang penting bagi kesejahteraan keluarga. Dengan pendewasaan usia perkawinan dan menjarangkan jarak kelahiran dapat meningkatkan kesehatan reproduksi ibu sehingga kematian ibu dan bayi dapat ditekan serendah mungkin. Upaya  pengendalian pertumbuhan penduduk dilakukan melalui program-program kependudukan dan keluarga berencana yang diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kuantitas penduduk. Dalam rangka untuk percepatan ketercapaian target program dari BKKBN dan menindaklanjuti amanah NAWACITA bapak presiden JOKOWI, dilakukan pembentukan Kampung KB di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan dalam rangka percepatan dalam merespon semua permasalahan yang ada di kampung KB yang harus diselesaikan secara terintegrasi dengan Lintas Sektoral terkait di daerah.

Sampai dengan tahun 2018 terdapat 11 kampung KB di Kota Metro . sudah terbentuk POKJA Kampung KB di tingkat Kota Metro dan Pokjanis Kampung KB di 11 kelurahan yang sedah terbentuk kampung KB melalui SK Walikota Metro. .Dalam perjalanan kegiatan di kampung KB di Kota metro, sudah mulai terjalin koordinasi yang cukup baik dengan OPD terkait di bidang kependudukan dalam penyelesaian setiap permasalahan yang ditemukan di Kampung KB di wilayah Kota Metro.