PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBINAAN PELAPORAN BAGI PETUGAS RR BERBASIS WEB KOTA METRO TAHUN 2017

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Metro ( Dinas PP PA PP KB) telah melaksanakan Kegiatan Pembinaan Pelaporan Bagi Petugas RR berbasis WEB Tahun 2017.

Kegiatan Pembinaan Pelaporan Bagi Petugas RR berbasis Web dilaksanakan pada :

Hari/Tanggal    : Rabu, 7 Juni 2017

Waktu                : 08.00 Wib s.d selesai

Tempat              : Gedung Sinode Epicentrum, Jl. Yos Sudarso Ganjar Asri Metro Barat.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu :

  1. Memberikan petunjuk secara rinci tentang tatacara pelaksanaan pencatatan dan pelaporan pelayanan kontrasepsi Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga, guna memudahkan pelaksanaan tugas para pelaksana di lapangan dan para pengelola pencatatan dan pelaporan di semua tingkat dalam penyediaan data dan informasi bagi pengelolaan Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga.
  2. Memberikan penjelasan mengenai jenis kartu, registrasi, catatan, dan formulir yang digunakan serta kegunaannya.
  3. Memberi petunjuk tentang tata-cara pengisian kartu, registrasi, catatan dan formulir pencatatan dan pelaporan pelayanan kontrasepsi tentang potensi, kegiatan serta hasil kegiatan pelayanan KB di tempat pelayanan Faskes KB (Pemerintah/Swasta),Praktik Dokter/Praktik Bidan Mandiri, Satuan Kerja Perangkat Daerah Keluarga Berencana (SKPD-KB) Kabupaten/kota.
  4. Memberi petunjuk tentang mekanisme dan arus pencatatan dan pelaporan pelayanan Kontrasepsi Program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga mulai dari Faskes KB, Praktik Dokter/Praktik Bidan Mandiri, dan Jejaring Faskes KB lainnya sampai ketingkat pusat.

 Sasaran kegiatan Pembinaan Pelaporan Bagi Petugas RR berbasis WEB yaitu meliputi:

  1. Potensi dan kegiatan Pelayanan Kontrasepsi, di Faskes KB (Pemerintah/Swasta), Praktik Dokter/Praktik Bidan Mandiri, dan jejaring Faskes KB Lainnya
  2. Hasil Kegiatan Pelayananan Kontrasepsi, di Faskes KB( Pemerintah /Swasta), Praktik Dokter/ Praktik Bidan Mandiri, dan jejaring Faskes KB Lainnya.
  3. Keadaan alat-alat kontrasepsi di Faskes KB (Pemerintah /Swasta), Praktik Dokter/ Praktik Bidan Mandiri, dan jejaring Faskes KB Lainnya.
  4. Frekuensi Laporan data dicatat setiap hari atau setiap pelaksanaan kegiatan dan dilaporkan secara bulanan maupun tahunan.

Kegiatan Pembinaan Pelaporan Bagi Petugas RR berbasis WEB se Kota Metro dilaksanakan dengan cara:

  1. Melakukan pembinaan langsung ke UPT-UPT KB se-Kota Metro yang dilakukan oleh tim yang dibentuk Kepala Dinas PP PA Dalduk dan KB Kota Metro.
  2. Melakukan penyuluhan secara klasikal di Aula Sinode Gereja Kristen Sumatera Bagian Selatan (GKSBS) Kota Metro, Jln. Yos Sudarso Kota Metro.

Kegiatan Pembinaan Pelaporan Bagi Petugas RR berbasis WEB Tahun 2017 secara klasikal sebanyak 105 (seratus lima) orang terdiri dari :

  1. KUPT KB Se Kota Metro;
  2. Kasubbag TU UPT KB se Kota Metro;
  3. PLKB/PKB seluruh Kecamatan se Kota Metro;
  4. Kader KB se Kota Metro;
  5. Petugas Faskes KB se Kota Metro.

 Adapun proses pelaksanaan kegiatan Pembinaan Pelaporan Bagi Petugas RR berbasis WEB Tahun 2017 secara klasikal adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran Peserta
  2. Pembukaan acara oleh Kepala  Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Metro.
  3. Penyajian materi terdiri dari :
    Sub Sistem RR Program KKBPK
    b. Sub Sistem RR Dallap
    c. Sub Sistem RR Pelayanan Kontrasepsi

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *